Tuesday, February 12, 2008

Thinkpad Fan Boy

Sejak mampu beli notebook sendiri cuma ada satu merek yang "nempel" di hati, Thinkpad keluarannya IBM/Lenovo. Kenapa Thinkpad? Padahal merek notebook yang satu ini terkenal mahal harganya. Sampe2 ada yg bikin kepanjangannya "Ini Barang Mahal".

Alasan saya memilih Thinkpad karena keren euy...warnanya itu lho hitam pekat dan modelnya kaku. Bukan...bukan itu alasan utamanya. Tentu saya pilih Thinkpad karena kualitasnya. Masalah utama dari kebanyakan notebook adalah engselnya gampang rusak dan keyboardnya gak enak buat ngetik. Nah...di Thinkpad masalah itu gak pernah muncul. Saya pernah punya Thinkpad seri T20 umurnya kira2 udah 5 tahun tapi engselnya masih tetep kaku. Dan untuk keyboard...Thinkpad ini rajanya. Buat yang belum pernah pake Thinkpad...coba dulu deh keyboardnya, dijamin gak mau ngelirik notebook lain. Memang dari sisi harga, Thinkpad sedikit lebih mahal dari merek2 lain. Tapi semua terbayar kok dengan kualitasnya yang andal. Udah ah, kok saya kayak salesnya IBM :).

Saya pernah pake seri Thinkpad mulai 570E, 600E, T20, T21, R31, dan yang terakhir T23. Semua Thinkpad seri diatas menggunakan prosesor Intel Pentium II dan Pentium III. Kok masih pake yang Pentium III?Karena baru mampunya beli Thinkpad dengan prosesor ini :). Pengen banget beli yang minimal prosesornya Pentium M atau yang berbasis Centrino. Akhir Januari kemarin, keinginan saya ini terkabul berkat keluarnya dana dari menteri keuanganku tercinta (makasih ya Bun).

Setelah hunting dan browsing kemana2...dapat juga Thinkpad yg saya inginkan, Thinkpad X31. Sekilas speknya: pake Pentium M 1,6 GHz, RAM 512 MB, HDD 40 GB dan layar 12" inci. Sengaja kali ini saya memilih notebook dengan layar kecil, 12 inci dengan pertimbangan bobotnya yang lebih ringan dibanding yang berlayar 14 inci. Bedanya sekitarnya 500 gram. Saya berencana membawa notebook ini setiap hari ke kantor yang lebih sering saya tempuh dengan sepeda. Ya, saya ikut latah juga ber-B2W. Dengan beda 500 gram ini, tentu sangat mengurangi beban di punggung saya pada saat bersepeda.

Oya saya dapat notebook bekas ini dari milis gadtorade dengan harga yang cukup miring dan kualitas yang masih OK.

Pengen tahu lebih jauh tentang Thinkpad:
1. ThinkWiki
2. Thinkpad Forum
3. Wikipedia
4. Forum CHIP

1 comment:

Restituta Arjanti said...

reza! update lagi dong blognya. bosen nih baca postingan lama mulu :p