Thursday, March 1, 2007

Beijing

Akhirnya saya ke luar negeri 'gratisan' lagi. Kalo yg sebelumnya 'cuma' ke KL, kali ini saya ditugasin ke Beijing China. DLN (Dinas Luar Negeri) ini atas undangan Microsoft China buat menghadiri "Vista Lab" tanggal 7-10 Februari. Dari Indonesia yang diundang cuma CHIP seorang. Duh berarti saya harus berangkat sendirian. Pengalaman DLN sebelumnya selalu bareng2 rekan jurnalis dari Indonesia. Dan gak seperti sebelumnya-yg tinggal bawa badan, DLN Beijing ini gw harus urus semuanya sendiri mulai dari pesen tiket sampe ngurus Visa. Sempat bermasalah urusan ini tapi untung ada istriku yang dengan sigap membantu semuanya sampe beres. Makasih ya bun.
Singkat cerita saya bisa sampe dengan selamat di Beijing. Oya sebelumnya saya sempat transit di Singapore tepatnya Changi. Ini kali pertama saya ke mengunjungi kota Singapore. Ternyata gak salah kata rekan saya Dodi, Changi memang keren bgt (norak ya hehehe). Pas berangkat saya cuma sempat keliling Changi saja. Baru pas transit saat pulang ke Jakarta, saya bisa mengunjungi kota Singapura. Kesampean juga naek MRT ke Orchad dan liat patung Merlion.

Di Beijing saya nginep di hotel Renaissance yang letaknya persis di sebelah kantor pusatnya Microsoft China. Yang agak mengagetkan, ternyata selama di Beijing saya harus berbagi kamar dengan fellow dari Taiwan. Benar-benar pengalaman baru nih, sekamar sama orang gak senegara. Namanya Charlie Lim, orangnya cukup baik, lumayan nyambung ngobrolnya :) dan sangat membantu saya masalah pilih2 makanan yang halal.

Urusan kerjaan gak usah diceritain deh, yang jelas selama di Beijing ini saya dicekoki tentang sistem operasi terbaru keluaran Microsoft, Windows Vista. Jadualnya kurang lebih begini:
Day1
Arrival
Day2
Welcome
Windows Vista Localization
Microsoft Commitment for Search and Asia.
The Hive
Microsoft Windows Vista
Speech Technology (TTS)
Day3
Windows Live Strategies
Visit Microsoft China Technology Center
Windows Vista Ultimate
Day4
Departure

Di waktu2 luang acara utama, saya pasti berusaha untuk jalan2 keliling kota Beijing. Rugi lah jauh2 ke sini tapi cuma ngendon di kamar. Meskipun sebenarnya lebih enak diem di kamar karena kota Beijing lagi dingin2nya. Bisa sampe minus 5 derajat celcius kalo malem. Dua hari pertama saya cuma jalan kaki di sekitaran hotel. Kesan yang saya dapat, Beijing kota yang cukup rapih, bersih (gak ada sampah) tapi sedikit berpolusi. Pesepeda di kota ini banyak banget dan pemerintahnya sudah memfasilitasinya (Jakarta kapan ya?). Penduduknya jarang banget yang bisa bahasa Inggris...even untuk say number doang. Padahal mereka mau jadi tuan rumah Olimpiade 2008.

Hari terakhir di Beijing saya coba mengunjungi objek2 wisata di kota Beijing seperti lapangan Tiananmen yang terkenal itu, Forbidden City, dan Temple of Heaven. Pengen banget ke Great Wall/Tembok Cina, tapi waktunya gak memungkinkan untuk kesana.




No comments: